Tuesday, April 23, 2024
More

    Pelaksanaan Program Inovasi Aspek Efisiensi Energi Regional Kalimantan

    Buku Pelaksanaan Program Inovasi Efisiensi Energi Regional Kalimantan merupakan langkah yang dilakukan oleh perusahaan di bawah naungan PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan. Efisiensi energi perlu dilakukan karena sumber energi kian hari kian berkurang seiring dengan banyaknya pemakaian oleh manusia yang terus bertambah.

    Sumber energi yang dihasilkan dari bumi sekarang sangat terbatas dan akan habis jika tidak dikelola dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan efisiensi energi dengan melakukan berbagai upaya untuk menekan penggunaan energi.

    Salah satu contoh yang dilakukan oleh DPPU Sepinggan dengan  menjalankan program Pemasangan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) On Grid Office Building Dengan Sistem Fotovoltaik. Hal ini bertujuan untuk menghemat penggunaan listrik PLN di bangunan gedung sesuai dengan komitmen dan kebijakan OH DPPU Sepinggan. DPPU Supadio melakukan upaya dalam melaksanakan Konservasi Energi. Salah satu dari upaya dari hal tersebut adalah memasang sticker hemat energi, sosialisasi konservasi energi kepada seluruh pekerja.

    Begitu juga dengan Fuel Terminal  Samarinda melakukan pembuatan alat magneto sebagai pengganti sumber energi baru ramah lingkungan. Namun yang paling efisien adalah yang dilakukan oleh IT Balikpapan. Mereka melaksanakan program pemasangan pembangkit listrik tenaga angin untuk charger point. Langkah dan upaya yang dilakukan oleh perusahaan dibawah naungan PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan diharapkan bisa menghemat energi.

    Penulis: Mezy Fadhila, Nico Ferianzo, Novia Dwi Utari, Dody P Sihotang, Seno Tri Hadiarto, Emmanuel Suprapto, Ibnu Naufal, Andry Fatryanto, Willy Wicaksono;

    editor: Zulhanan, Ramadian Evrin;

    desain sampul dan tata letak: Mario Alfiansyah;

    Pelindung: Agoeng Priyanto

    Halaman: 76

    Tinggi: 29

    Other Articles

    spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_imgspot_img