Tuesday, April 23, 2024
More

    Restorasi Sonneratia Caseolaris Untuk Lindungi Habitat Bekantan

    SINOPSIS

    Pada tahun 2023 PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Banjarmasin mewujudkan komitmennya melalui implementasi inovasi keanekaragaan hayati yaitu Program Restorasi Sonneratia Caseolaris (Resonansi).

    Pada program Resonansi ini salah satu kegiatannya adalah dengan adanya konservasi bekantan yang bekerjasama dengan stakeholder salah satunya dengan BKSDA dan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia. Latar belakang adanya kegiatan ini adalah dalam rangka melindungi keberadaan bekantan dari ancaman perburuan liar dan kepunahan.

    Metode yang digunakan dalam melindungi habitat bekantan ini adalah dengan melakukan Resonansi yaitu Restorasi Sonneratia Caseolaris dimana pada program inovasi dilakukan dengan melakukan penanaman Sonneratia Caseolaris, penanaman ini dilakukan bersama-sama dengan masyarakat sekitar selain itu juga dilakukan bersama-sama dengan kelompok masyarakat atau stakeholder setempat.

    Dampak dari program ini dapat diketahui bahwa lahan yang dulunya berkurang 2 Ha     kini telah menjadi rimbun dan lebat sehingga dapat menjadi habitat bagi flora dan fauna di kawasan konservasi tersebut. Program tersebut berjalan karena dilakukan dengan lintas stakeholder dari Masyarakat, BKSDA, Dinas Kehutanaan, Mahasiswa, dan PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Banjarmasin.

    Kepengarangan

    Restorasi Sonneratia Caseolaris  Untuk  Lindungi Habitat Bekantan

    Penulis: Dody P Sihotang, Mezy Fadhila; Editor: Zulhanan, Ramadian Evrin; desain dan tata letak: Mario Alfiansyah; pelindung: Agoeng Priyanto.

    Tinggi: 29 cm

    Tebal: 52 Halaman

     

     

    Other Articles

    spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_imgspot_img