Wednesday, February 21, 2024
More

    AOK BEE FARM (Pemberdayaan Kelompok Tani HutaN AOK, Kelurahan Dul Kecamatan Pangkalan Baru, Kepulauan Bangka Belitung)

    Penulis: Rezky Kurniawan, Mohammad Ekki Hadian, Layli Mar’atus Sholeha/ Editor: Layli Mar’atus Sholeha/ Desain Sampul dan Tata Letak: Mohammad Ekki Hadian/ Penanggung Jawaba: Mohammad Ekki Hadian/ Pelindung: Rezky Kurniawan; Penerbit/ Sumeks Books

    Tebal: 51 Halaman

    Tinggi 29 cm

    Harga: 30.000

     

    Sinopsis:

    Aok Bee Farm merupakan program budidaya Lebah Trigona yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan AOK bersama PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Pangkal Balam.  Lokasi budidaya ini terletak di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kepulauan Bangka Belitung.

    AOK Bee Farm telah menjadi mitra binaan PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Pangkal Balam sejak tahun 2020 hingga saat ini. Kegiatan pembinaan yang diberikan yaitu berupa penambahan koloni Lebah Trigona, penambahan vegetasi pakan lebah sebagai upaya perbaikan ekosistem di areal budidaya, peningkatan kualitas madu yang dihasilkan serta peningkatan kemampuan/kapasitas anggota KTH AOK.

    Pemberdayaan yang diberikan oleh perusahaan dalam program CSR telah dapat memberikan peningkatan yang signifikan baik dari segi jumlah keanggotaan, kemampuan anggota, maupun jumlah koloni dan vegetasi tanaman sebagai pakan lebah.

    Dampak positif lainnya juga didapat dengan adanya program pemberdayaan ini. Beberapa diantaranya yaitu terciptanya lingkungan yang asri di areal budidaya, peningkatan pendapatan oleh setiap anggota KTH AOK, dan lestarinya koloni Lebah Trigona yang ada di areal budidaya.

     

    Other Articles

    spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_imgspot_img